Kamis, 24 September 2009

Oxford Learner's Pocket Grammar


Di jaman Globalisasi sudah tuntutan untuk mengerti sampai menguasai bahasa asing Inggris sebagai bahasa umum internasional menjadi suatu keharusan. Salah satu bukti nyata yang bisa kita lihat adalah masuknya kurikulum bahasa Inggris di tingkatan pendidikan yang lebih awal. Maksudnya kalau dua puluh tahun lalu, pengenalan bahasa Inggris dilakukan di tingkat Sekolah Menengah Pertama, saat ini tingkat Sekolah Dasar sudah diperkenalkan dengan bahasa Inggris, bahkan beberapa sekolah elit menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar percakapan harian, juga playgroup untuk Pendidikan Anak Usia Dini.

Adalah wajar memperkenalkan generasi muda dengan bahasa Inggris seawal mungkin sehingga akan mempermudah mereka untuk berkembang di kemudian hari. Bahasa Inggris ditetapkan dunia sebagai bahasa internasional sehingga komunikasi antar bangsa yang berbeda bahasa bisa lebih baik dan cepat memahami.

Di dunia kerja penguasaan bahasa Inggris menjadi hal mutlak yang diperlukan, apalagi jika perusahaannya adalah berskala multinasional. Penguasaan bahasa pun tidak hanya untuk bercakap-cakap tapi juga dalam hal menulis laporan, belum lagi melakukan presentasi dalam bahasa Inggris. Perlu latihan dan pembelajaran secara disiplin dan kontinu untuk menguasai hal-hal itu.

Oxford university press adalah salah satu departemen dari Universitas Oxford di Inggris yang sangat terkenal, dimana departemen tersebut berfokus dalam menerbitkan publikasi di bidang pendidikan/pelajaran bahasa (Inggris).

Salah satu buku terbitan Oxford yang baru beredar di toko buku di Indonesia adalah Oxford Learner’s Pocket Grammar dengan John Eastwood sebagai ‘author’ nya. Walau ukuran bukunya kecil, buku saku tapi buku ini diperuntukkan untuk mereka yang belajar bahasa inggris di tingkat intermediate ke atas, tapi mereka yang begineer pun sah-sah saja kalau ingin meningkatkan kemampuan ‘grammar’ bahasa Inggrisnya.

Contents dari buku ini pun terbilang lengkap, secara garis besar ada 7 pengelompokkan seperti kalimat dalam bahasa Inggris, bentuk Kata Karja, infinitive, gerund dan participle, frase kata benda, adjectives, adverbs dan preposition, clauses dan sub-clauses, endings dan forms. Buku saku setebal 388 halaman ini dibanderol Rp 93,800 – mungkin di kawasan senen Jakarta bisa lebih miring harganya.

Label: , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda