Senin, 15 Juni 2009

Cristiano Ronaldo - Sebuah Rekor Baru


Huaaah bicara kapital, klub dan pemain bola seperti tidak ada habisnya. Selain prestasi yang diraih pemain bola dan klub agenda penting lainnya adalah transfer pemain bola. Setelah pertandingan di liga berakhir maka perburuan pemain bola baik yang baru muncul ke permukaan maupun yang sudah menjadi bintang selalu hadir sebelum waktu kompetisi baru bergulir.

Dalam dunia sepakbola profesional, klub yang berada di negara-negara Eropa adalah tujuan karir pemain sepakbola profesional sejagat. Negara-negara seperti Spanyol, Inggris, Italia, Jerman, Prancis dan negara Eropa lainnya adalah tujuan para pemain bola pada usia keemasannya. Dan ketika bertambahnya usia sang pemain pun akan bermain di luar Eropa, karena sudah tidak akan sanggup bersaing lagi.

Hal lain yang selalu menarik perhatian publik olahraga khususnya sepakbola adalah besaran pembelian pemain diantara klub. Rekor pembelian atau rekor transfer akan menjadi pembicaraan hangat di media sebelum musim kompetisi baru bergulir.

Adalah rekor transfer pemain termahal dunia yang belum terpecahkan dalam kurun waktu 8 tahun yang di pegang pemain bola Zinedine Zidane, dimana waktu itu Zidane dibeli Real Madrid dari Juventus dengan kapital sejumlah 76 Juta Euro pada tahun 2001. Zidane adalah pemain sepakbola posisi gelandang – playmaker yang mengantarkan timnas Prancis menjadi juara dunia untuk pertama kalinya pada tahun 1998 dilanjutkan dengan meraih piala Eropa pada tahun 2000 serta membawa Prancis ke final piala dunia 2006. Walaupun dia terpilih jadi pemain terbaik di piala dunia 2006, Prancis kalah dari Italia.

Dan tahun ini Real Madrid kembali memberikan sensasi transfer baru dengan memcahkan rekor pembelian pemain dengan jumlah 80 juta Euro, dan pemain yang digaetnya adalah Cristiano Ronaldo – seorang pemain winger berusia 24 tahun dari Manchester United.

Sensasi pembelian Cristiano di dahului oleh pembelian bintang Brasil Kaka dengan nilai 68 juta Euro dari AC Milan, dan akan disusul oleh bintang-bintang lainnya. Madrid pun mengusung program Galacticos II. Pembelian pemain bintang yang disebut Galacticos ini pun pernah diusung di masa Presiden klub Real Madrid Perez memimpin di era tahun 2000 an. Dan saat dia kembali memimpin maka Galacticos II pun dibuat sekuel nya.

Sebagian pihak menilai bahwa pembelian Cristiano tidak masuk akal ditengah krisis ekonomi global terjadi, tapi faktanya mungkin sudah sewajarnya lah Cristiano memiliki harga selangit.

Cristiano Ronaldo belum membawa negaranya Portugal menjadi juara dunia ataupun Eropa tapi di pentas sepakbola profesional klub Ronaldo sudah banyak menggaet penghargaan. Seperti membawa Manchester United menjuarai Liga Premier pada tahun 2006–07, 2007–08, 2008–09, FA Cup: 2003–04, League Cup: 2005–06, 2008–09, FA Community Shield: 2007, UEFA Champions League: 2007–08, FIFA Club World Cup: 2008

Tidak menutup kemungkinan Cristiano akan membawa Portugal untuk pertama kalinya menjadi Juara Dunia, siapa tahu – karena memang usianya masih muda.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda