Senin, 13 Juli 2009

Buku: Mencari Sumber Kerusakan, Merawat dan Menjalankan Kendaraan Bermotor

Tinjauan Buku:

Mencari Sumber Kerusakan, Merawat dan Menjalankan Kendaraan Bermotor

Di kota maupun di desa memiliki kendaraan bermotor khususnya mobil menjadi suatu kenikmatan tersendiri. Dengan kendaraan milik sendiri seseorang bisa dengan bebas menentukan kapan mau pergi dan kemana pun sesuai keinginannya. Tapi memiliki kendaraan sendiri bukan berarti bebas dari tanggung jawab atau tidak dipusingkan hal-hal seputar kendaraan terebut. Semakin besar ukuran mesin kendaraan maka perwatan pun semakin kompleks, dalam hal ini perawatan mobil tentu lebih kompleks dibandingkan perawatan motor.

Merawat mobil tidak hanya diperuntukkan bagi pemilik mobil dengan usia kendaraan berumur tua tapi juga perlu bagi pemilik kendaraan yang baru dan masih dalam masa garansi sekalipun. Pabrik mobil biasanya memberikan garansi dalam dua ukuran, yang pertama ukuran panjang jarak tempuh 100,000 kilometer atau jarak waktu selama 3 tahun. Mana yang tercapai terlebih dahulu menjadi batas berakhirnya masa garansi.

Untuk mereka yang memiliki anggaran tak terbatas merawat mobil akan mudah sekali, tinggal bawa ke bengkel dalam interval jarak tempuh 5,000 kilometer atau setiap ada keluhan tertentu. Tapi untuk mengetahui ada sesuatu yang tidak beres dengan kendaraan anda diperlukan pengetahuan mengenai kendaraan bermotor tersebut.

Salah satu buku yang memberikan pedoman bagaiman merawat kendaraan bermotor dalam hal ini mobil dan bagaimana mengetahui jika ada kerusakan adalah buku yang ditulis oleh Wiranto Arismunandar dan Osamu Hirao.

Buku ini terdiri dari tiga bagian garis besar, bagian pertama memberikan pengetahuan bagaimana menemukan kesalahan dengan cepat yang meliputi pemaparan kerusakan pada bagian mesin, sistem transmisi daya, sistem sasis, sistem penrangan dan alat perlengkapan lainnya. Bagian dua memaparkan pedoman perawatan dan reparasi kerusakan ringan pada mesin, sistem transmisi daya, roda, ban dan rem serta alat-alat elekronik. Sedangkan bagian ketiga memaparkan bagaimana cara merawat kendaraan untuk mencegah terjadinya kerusakan.

Buku ini baik digunakan sebagai buku yang memperkenalkan seluk beluk otomotif dari kendaraan mobil secara umum, memang tidak semua mobil terwakili dalam buku ini khususnya mobil-mobil keluaran akhir dengan teknologi canggih yang disebut dengan teknologi ‘drive by wire’. Tapi buku ini pada hakekatnya memberikan pengetahuan yang berguna bagi pemilik mobil untuk mengetahui bagaimana merawat, bagaimana mengetahui kerusakan walau tidak secara mendetail. Karena untuk mengikuti apa yang ada dalam buku ini untuk membongkar dan memperbaiki kendaraan sendiri tentu diperlukan banyak peralatan standard bengkel yang mesti ada. Tapi kalaupun peralatan belum lengkap bisa dijadikan salah satu referensi untuk membuka bengkel mobil dari segi pendekatan teknis.

Wiranto Arismunandar adalah seorang Profesor Teknik Mesin dari Institut Teknologi Bandung yang juga pernah menjabat posisi Rektor ITB, sedangkan Osamu Hirao adalah guru besar dari Universitas Tokyo, keduanya berkolaborasi menulis buku ini pertama kali pada tahun 1973, dan terus diperbaharui sampai edisi ketiga belas, mungkin sudah ada cetakan revisi nya lagi.

Label: , , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda