Minggu, 26 Juli 2009

Chessmaster


Catur adalah salah satu permainan yang bisa dilakukan untuk kesenangan tapi bisa juga masuk kategori kompetisi. Catur biasa disebut orang sebagai ‘olahraga’ otak karena memang raga tidak bergerak seperti olahraga pada umumnya tapi kemampuan berpikir pemain benar-benar ‘bergerak’. Catur juga disebut sebagai permainan taktik dan strategi, permainan yang berkaitan dengan algoritma Matematika dan dasar-dasar dari Game Theory.

Permainan catur yang berkembang pertama di belahan Eropa pada abad 15 adalah sebuah permainan yang sudah ‘mendunia’ dan bisa kita jumpai dimana pun. Mulai dari anak-anak sampai manula, orang dari beragam latar belakang banyak yang bisa dan menyenangi olahraga otak ini. Tapi untuk hanya sekedar bisa bermain akan berbeda dengan orang yang ingin menambah kemampuan dalam mengolah taktik dan strategi permainan catur ini.

Memperkenalkan catur kepada seseorang akan lebih mudah pada saat ini, karena dunia informasi teknologi semakin maju dari waktu ke waktu. Bahkan komputer dengan satu komposisi software yang sudah direkayasa sedemikian rupa bisa mengalahkan juara catur dunia seperti Garry Kasparov.

Dari beberapa software catur yang ada dipasaran, salah satu produk yang bisa dijadikan referensi adalah software catur Chessmaster dari Ubisoft. Seri software catur ini banyak memberikan feature yang lebar. Pengguna tidak mesti dari pemain yang sudah bisa bermain catur, tapi mereka yang belum bisa pun bisa ‘diajari’ oleh software ini setahap demi setahap.

Chessmaster software memberikan tutorial catur oleh grandmaster international Josh Waitzkin, dilengkapi dengan 900 database pertarungan fenomenal pemain catur kaliber grandmaster interntaional, dan 600,000 database permainan catur. Permainan pun bisa dilakukan sendiri sampai banyak pemain secara bersamaan dengan menggunakan komputer berbasis jaringan.

Ubisoft secara otomotatis akan mengukur jam terbang ‘elo rating’ pemain dari waktu ke waktu, elo rating adalah standard pengukuran statistik seorang pemain catur untuk mengetahui tingkat kemampuan bermainnya, teknik pengukuran ini mengadopsi dari Federasi Catur dunia FIDE. Dengan sistem Elo Rating, seseorang bisa diketahui peringkatnya seperti Grand Master, International Master, FIDE Master dan seterusnya.

Supaya tidak bosan Ubisoft menawarkan ragam format buah catur, ada buah catur yang berupa prajurit berpedang, sehingga terlihat seperti peperangan, ada juga yang lucu-lucu seperti kelinci, nenek sihir, sehingga dengan adanya pembedaan buah catur ini bisa menurunkan kebosanan sehingga bermain catur semakin menarik untuk dipelajari khususnya untuk anak-anak.

Untuk menginstal aplikasi Ubisoft diperlukan sistem komputer yang memiliki windows Vista atau XP dengan RAM 256 MB minimal tapi lebih baik punya RAM 512, dan ‘available space 600 MB (lebih baik lagi kalau 2 Giga). Kalau punya kacamata 3D akan lebih asik lagi, soalnya aplikasi Ubisoft ada yang 3 Dimensi. Harga Ubisoft Chessmaster software di kisaran USD 19.9

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda