Selasa, 09 Desember 2008

Champion League - Manchester United


Malam nanti matchday Champion League digelar, dan setelah matchday ini muncullah 16 klub yang akan lolos ke babak knock out. Di babak lanjutan ini dua klub akan akan bertanding satu pertandingan kandang dan satu pertandingan tandang. Yang kalah langsung ko.


Liga champion adalah pertandingan antara klub klub juara di liga utama negara-negara eropa. Suatu liga dimana bercokol pemain-pemain kelas dunia dari berbagai negara, suatu liga yang menjadi barometer bisnis dan permainan sepakbola sejagat. Klub klub elit tidak terlepas dari karakter kompetisi di liga domestik. Juara liga champion pastilah berkutat dari tiga negara Italia, Spanyol dan Inggris. Negara-negara lainnya seperti Jerman, Belanda dan Portugal menyusul di urutan berikutnya sebagai asal negara klub yang menjuarai liga ini.


Jika melihat pertandingan di liga champion, memang yang lebih menarik adalah babak knock-out, di babak tersebut baik pertandingan tandang maupun kandang dua klub yang bertanding akan mengeluarkan seluruh kemampuannya untuk menang. Gol yang di raih saat pertandingan tandang akan memiliki nilai lebih, ini di buat agar dua tim tampil lebih agresif.


Untuk musim 2007-2008 Manchester United menjadi juara liga champion mengalahkan klub senegaranya Chelsea. Klub-klub Inggris luar biasa karena bisa all England semifinalist, dua klub lainnya Liverpool dan Arsenal. MU juga luar biasa, di liga domestik mereka juara mengalahkan Chelsea, double winner (triple malah – tambahan trophy Community Shield) MU merupakan pengulangan untuk yang pernah mereka raih di musim 1998-1999 dimana salah satu punggawanya adalah David Beckham. Kesuksesan MU tak lepas dari tangan dingin Alex Fergusson yang dengan begitu telaten menjadikan Manchester United menjadi klub raksasa yang disegani sejagat.


Apakah Mancher United bisa mempertahankan gelarnya di liga Champion? Sulit menjawabnya pada saat ini. Di grup E, dipastikan MU dan Villareal akan lolos ke babak knock out, tapi belum tahun siapa yang menjadi lawan berikutnya, mengingat penentuan lawan di lakukan dengan cara diundi. Dari grup A dipastikan AS Roma dan Chelsea yang lolos, dari grup B klub Panathinaikos Yunani mengejutkan lolos bersama Inter Milan, grup C Barcelona dan Sporting Lisbon yang lolos, kemudian dari Grup D Liverpool dan Atletico Madrid, dan dari grup F, G dan H baru nanti malam akan ditentukan tapi dari klasemen sepertinya Lyon dan Bayern Munchen dari grup F, Arsenal dan FC Porto dari grup G, terakhir Juventus dan Real Madrid dari grup H. Klub-klub yang belum merasakan menjadi juara di liga Champion ini adalah: Villareal, AS Roma, Chelsea, Panathinaikos, Sporting, Atletico Madrid, Lyon, dan Arsenal jadi hampir setengahnya jumlah klub yang bakal masuk ke babak knock out belum menjadi juara. Tapi bukan menjadi suatu ukuran bahwa klub yang bakalan juara adalah klub yang pernah menjadi juara. Chelsea salah satunya klub yang bertabur bintang dan pelatih juara dunia Brasil Big Phil Scholari disertai sokongan finansial Abramovich begitu ambisi meraih 4 gelar sekaligus, gila!


Untuk MU, selamat telah menjadi juara Champion league musim ini, akankah gelar itu dipertahankan? Menarik untuk disaksikan.

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda