Senin, 03 November 2008

Bahaya di Lapangan Golf




Bagi orang yang sudah mengetahui nikmatnya bermain golf dan begitu terlena sampai-sampai tidak memikirkan bahaya yang mungkin terjadi bisa fatal akibatnya. Dari luka yang ringan sampai yang berakibat maut bisa saja terjadi.

Lapangan golf memang disengaja di rancang bukan hanya untuk para golfer tapi juga mengundang makhluk lainnya untuk masuk dan menghuni beberapa tempat di lapangan golf. Kala kita melihat indahnya lapangan golf yang terpelihara dengan baik, seperti rumput hijau yang menghampar luas, danau buatan atau sungai buatan di kiri dan kanan. Lalu ada pohon-pohon yang tinggi, tanaman berbunga indah, tentu akan mengundang mahluk seperti kodok, serangga, kadal, lebah, ular dan yang lainnya.

Mungkin sangat jarang bahwa binatang-binantang tersebut secara sengaja menyerang manusia, karena yang ada binatang-binatang itu takut terhadap manusia. Tapi ketika secara tak sengaja berpapasan, binatang dengan insting kebinatangannya mengira sedang dalam bahaya lalu menyerang sang golfer.

Menurut cerita rekan saya yang orang Jepang, minggu lalu beberapa kolega Jepang mengalami serangan binatang serangga dan ular. Serangan ular tidak sempat membuat luka, tapi serangan lebah membuat teman itu terluka di sekitar mata, telinga. Ketika kolega itu bermain golf di salah satu resource Gunung Geulis seekor burung hantu menggoyang-goyang sarang lebah yang ada di satu pohon, dan sang lebah pun marah. Secara kebetulan berpapasan dengan sang golfer, maka diseranglah sang golfer, sampai ada beberapa ekor yang masuk telinga dan mesti di vacuum di THT. Cerita yang lebih seram menimpa salah satu customer di perusahaan shipyard di Jakarta. Waktu itu dia bermain golf di Lido Sukabumi, dan terjadi serangan lebah. Sebenarnya dia sudah selamat, tapi karena atasannya diserang dan berteriak minta tolong, dia memindahkan perhatian lebah dengan mengebaskan bajunya, lebah pun menyerangnya. Hampir mati dia bilang. Jarun-jarum sengat lebah menghiasi wajah, tubuh sampai ke alat vitalnya. Seminggu baru pulih.

Sebenarnya untuk menghindar dari serangan lebah bisa dilakukan dengan rebah ke tanah (muka menghadap tanah lebih baik) dan diam tak bergerak, lebah mungkin akan menempel di baju atau kulit tapi kemudian karena kita tak bergerak akan pergi dengan sendirinya. Bisa juga terjun ke air jika ada (tapi kita tidak tahu bahaya dari dalam air : ). Bisa juga dengan membawa semprotan insektisida tapi mungkin terlalu berlebihan ya...

Bahaya lain yang pernah saya dengar adalah sambaran petir. Pernah di lapangan golf Emerald ada orang Korea yang tersambar petir. Ketika hujan mulai turun rintik-rintik dan awan mendung hadir, semestinya golfer berhenti memukul, mencari shelter terdekat atau kalau bisa kembali ke base lebih baik lagi. Tapi mungkin karena dilihatnya masih bisa main, sang golfer dari Korea tetap melakukan swing, dan kemudian dhueeeerrrr kilatan cahaya disertai dentuman suara gledek dari langit menghujam bumi, sang golfer pun terpanggang hidup-hidup dalam pukulan swing-nya, mati.

Jadi walaupun kelihatannya lapangan golf itu indah, tapi bahaya tetap ada, dan kita harus selalu waspada untuk menghindar dari bahaya yang mungkin timbul.

Diperuntukkan bagi golfer sejati yang gugur atau terluka di lapangan golf.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda