Senin, 20 Oktober 2008

Buku: Cara Cerdas Mengelola Investasi Keluarga


Dulu saat kita mendengar kata investasi maka yang terbayang dalam benak adalah perihal uang dalam jumlah besar berlipat gulipat oleh orang yang beruang banyak. Tapi kemudian sedikit demi sedikit cara pandang ini berubah. Ada trend dalam masyarakat Indonesia saat ini untuk mengenal investasi lebih mendalam. Dengan begitu banyaknya ‘sharing’ informasi dari media massa, media elektronik, buku dan seminar investasi dari kalangan rumah tangga semakin meningkat. Masa tabungan di bank sudah mulai bergeser ke investasi. Walaupun saat ini dunia pasar modal gonjang-ganjing bukan berarti kita menjadi panic, tajut untuk berinvestasi, justru hal tersebut bisa dijadikan sumber pelajaran yang bergarga untuk menggali lebih dalam mengenai investasi di pasar modal.

Elvyn G. Massasya menerangkan bahwa investasi berguna untuk keluarga dan penting untuk di kelola. Karena investasi tidak seperti tabungan dibiarkan saja, investasi memerlukan perencanaan, memerlukan siasat dan evaluasi. Jadi tentu saja bahwa orang yang terjun ke dunia investasi haruslah lebih cerdas dari orang yang menjadi penabung. Tapi seorang penabung yang baik dengan mempelajari tentang investasi bisa menjadi investor ulung.

Di Indonesia, dalam dunia investasi perbankan memegang peranan besar hal ini berbeda dengan Amerika Serikat, dimana pasar modal tidak di dominasi oleh perbankan. Untuk itu kita bisa memilih begitu banyak produk perbankan yang ada sangkut pautnya dengan investasi. Bank juga bisa membantu kita untuk mengatur keuangan kita, memberikan konsultansi komposisi penempatan dana yang optimal.

Dengan mengelola keuangan dan cerdas berinvestasi diharapakan pembaca bisa memiliki kesehatan financial yang prima. Apakah dia seorang karyawan, atau seorang yang berwirausaha adalah perlu untuk merencanakan kapan untuk pension dan kapan menikmati hari tuanya dengan bahagia tanpa dibebani oleh kondisi keuangan yang tidak mendukung.

Investasi sendiri bukan berarti akan membuat sang investor menjadi kaya dengan serta merta dan kondisi keuangannya menjadi kuat begitu rupa. Perlu disadari bahwa dalam berinvestasi ada risiko yang bisa membuat investor berantakan bahkan mungkin hancur lebur keuangannya. Untuk itu investor perlu pembelajaran mengenai penataan portofolionya. Karena begitu banyak pilihan dalam berinvestasi. Bisa dengan menanamkan uangnya di reksadana, berinvestasi emas, atau dengan membeli asset property.

Buku yang ditulis Evelyn ini mudah untuk di pahami bagi pembaca awam sekalipun, tidak ada hitungan-hitungan yang njlimet yang biasa ada di buku-buku investasi lainnya. Sangat berguna bagi mereka yang akan mulai untuk berinvestasi.
Selamat berinvestasi.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda