Kamis, 25 September 2008

Back to Gym

Kesehatan adalah aset yang sangat berharga bagi seorang manusia, mulai dari lahir sampai akhir hayatnya kata kesehatan menjadi kata yang melekat dari kalimat perjalanan seseorang.

Tahun 1997, sewaktu saya kuliah di FEUI Salemba, adalah tahun yang sama saya masuk gymnastic Ade Rai di Atrium Senen. Waktu itu memang tujuan saya untuk mendapatkan ‘body shape’ yang menarik dan tentu saja untuk menjaga kesehatan. Setelah beberapa kali mengikuti latihan dan mendapat wejangan-wejangan dari Ade Rai an juga instruktur di sana, yang pertama dan terutama dalam berlatih di gymnastic dan olah raga apapun adalah kesehatan. Performance dan prestasi adalah hal lain yang mengikutinya.

Dari mengikuti latihan di Ade Rai gym itu banyak sekali manfaat yang saya dapatkan, diantaranya: penting nya proses stretching otot sebelum latihan untuk menghindari cedera otot, pentingnya menaikkan suhu tubuh sebelum mengangkat beban, bagaimana berlatih dengan benar, mengenal anatomi otot pada tubuh manusia, bagaimana memanage tingkat kalori dengan menjaga asupan nutrisi dengan benar, bagaimana mengkombinasikan latihan beban dengan olahraga lain yg bersifat aerobic, bagaimana mengatur jadwal latihan dan masih banyak lagi, ijinkan saya membagikannya pada sesi-sesi berikutnya.

Menjaga kesehatan, senang setelah hampir 3 tahun meninggalkan gymnastic bulan September ini saya kembali masuk gymnastic. Walaupun tidak masuk gymnastic tapi olahraga jogging dan angkat berat dengan peralatan sederhana tetap di lakukan di rumah. Tapi memang peralatan dan program di gymnastic adalah yang paling ideal. Di daerah Sudirman ada gymnastic Hatch & Clarks yang memiliki fasilitas baik dengan harga terjangkau. Ada fasilitas weight training, jogging treadmill, hiking treadmill, sepeda stationer, step dance, hip-hop, yoga, squash, aerobic dengan instruktur yang siap memberikan masukan.

Kembali ke gymnastic bukan lagi untuk gagah-gagahan membangun otot yang membongkah-bongkah seperti dewa-dewa Yunani, tapi lebih kepada melatih otot supaya lebih kuat juga melatih tulang dan persendian. Weight training dilakukan untuk mendapatkan tujuan tersebut, sedangkan untuk pembakaran lemak dilakukan dengan melakukan jogging treadmill, hiking atau sepeda. Untuk flexibilitas ambil yoga. Flexibilitas sangat diperlukan untuk olahraga golf. Gymnastic sport memang sangat membantu untuk meningkatkan performansi kita dalam melakukan olahraga lainnya. Untuk Golf misalnya, sinergi otot punggung, otot bahu, otot kaki, torso sangat diperlukan. Latihan seperti Deadlift, squat, torso flex spinning, mesti diberi porsi khusus. Beda halnya dengan olahraga futsal, dimana otot kaki dan kinerja jantung sangat dominan.

Satu sesi olahraga untuk aerobic adalah 40 menit minimal dengan frekuansi 3-4 kali seminggu sangat bagus buat stamina, latihan weight training dengan satu sesi 45-60 menit dan frekuensi 3-4 kali seminggu sudah cukup baik. Tapi jika weigt training dan sesi aerobic digabungkan sebaiknya weight training terlebih dahulu, aerobic belakangan. Ini dikarenakan weight training perlu tenaga sedangkan aerobic seperti jogging sangat menguras tenaga, jadi biarkan jogging di akhir untuk membakar lemak tubuh.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda