Kamis, 16 Oktober 2008

Fourplay - Energy


Fourplay merupakan supergrup jazz kontemporer yang berasal dari Amerika Serikat. Formasi awalnya terdiri dari Bob James (keyboards), Lee Ritenour (guitars), Nathan East (bass), and Harvey Mason (drums). Tapi kemudian Lee Ritenour keluar dan digantikan temannya Larry Carlton. Fourplay memainkan musik instrument jazz, walau kadang berkolaborasi dengan beberapa penyanyi.

Fourplay memainkan fusion and smooth jazz, dan dengan ciri bermusik yang penuh dengan melodi dan harmonisasi jazz, groovy dan sentuhan klasik piano ditambah solo gitarnya Carlton memadukan musik Fourplay dengan unsur musik seperti blues, R&B, dan musik Africa. Tidak banyak grup jazz kontemporer yang bisa memadukan unsur-unsur musik tersebut dengan padu dan enak didengar. Dan pada Album barunya Energy Fourplay tetap konsisten dengan trademarknya tersebut.

Album Energy merupakan album Fourplay ke-11 dan di rilis pada tahun 2008 ini. Dan setelah wara-wiri dengan produser Warner Bross, dan Bluebird (bukan taxi loh…) album Energy ini Fourplay berkolaborasi dengan production house Heads Up untuk pertama kalinya.

Pada lagu pertama ‘Fortune Teller’ di album Energy ini Fourplay memperlihatkan bagaimana padunya permainan keempat musisi Fourplay, walau tiap musisi bisa memperlihatkan solo skill nya masing-masing. Musisi yang ikut bergabung dalam album Energy ini adalah Esperanza Spalding yang mengisi vocal pada lagu "Prelude for Lovers." Pada lagu "Look Both Ways," Carlton begitu dominant permainan gitarnya, sementara James, East dan Mason beriringan mengikuti permainan Carlton. Pendapatku bahwa Larry Carlton adalah gitaris yang sangat pas buat Fourplay.

Album Energy ini merupakan Masterpiece yang di release oleh Fourplay pada tahun ini. Ada 10 lagu yang dibawakan antara lain "Fortune Teller," The Whistler," "Ultralight," "Cape Town," "The Yes Club," "Prelude For Lovers" feat. Esperanza Spalding, " "Look Both Ways," "Argentina," "Comfort Zone," dan "Sebastian."


Berikut Album yang pernah di rilis oleh Fourplay.

Fourplay / 1991 / Warner Bros.
Between the Sheets / 1993 / Warner Bros.
Elixir / 1995 / Warner Bros.
The Best of Fourplay / 1997 / Warner Bros.
4 / 1998 / Warner Bros.
Snowbound / 1999 / Warner Bros.
Yes, Please / 2000 / Warner Bros.
Heartfelt / 2002 / Bluebird
Journey / 2004 / Bluebird
X / 2006 / Bluebird
Energy / 2008 / Heads Up

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda