Selasa, 02 Desember 2008

Ballon d'Or 2008 - Cristiano Ronaldo


Di Eropa, sepakbola adalah industri. Begitu banyak uang yang berputar dalam bisnis berkategori sport entertainment itu. Sampai-sampai para billionaire menjadikan bisnis ini masuk dalam portofolionya.


Dan untuk membangun suatu klub yang legendaris uang bukanlah suatu hal yang mutlak walaupun memang menjadi senjata yang paling ampuh untuk itu. Sebut saja klub Manchester United – dari segi finansial klub ini termasuk klub kaya, tapi lantas tidak kemudian menjadi jor-joran seperti Real Madrid dalam menghambur-hamburkan dana dalam pembelian pemain.


Karena suatu kesebelasan bisa sukses bukan karena faktor satu orang, tapi 10 orang lainnya juga faktor pelatih, motivasi dan sinergi antara tim, management, pemilik klub dan supporter. Mancher United berhasil mensinergikan faktor-faktor tersebut, hasilnya? Manchester United mengulang double winner sebagai jawara Champion League dan Premierre League.


Dan ketika penghargaan pemain, salah satu andalannya Cristiano Ronaldo – menjadi peraih trohy Ballon d’ Or sebagai pemain terbaik dalam jagat persepakbolaan di Eropa. Peraih Ballon d’Or ini biasanya menjadi landasan untuk meraih trophy selanjutnya FIFA Best Player. Pemilihan pemain terbaik untuk ajang Ballon d’Or ini dilakukan oleh para jurnalist yang memberikan poin reward nya kepada pemain yang diunggulkan.


Adalah sudah semestinya Cristiano Ronaldo menjadi peraih Ballon d’Or tahun 2008. Tahun sebelumnya Ronaldo di urutan kedua setelah Kaka, tapi saat ini Ronaldo peringkat pertama mengalahkan dua rival terberat Lionel Messi dan Fernando Torres. Messi walaupun bagus secara individu tentu kalah poin karena klub nya tidak meraih trophy La Liga juga Champion, sedangkan Torres walaupun negaranya menjadi juara Eropa tapi The Reds – klubnya hanya menjadi semifinalis di Champion dan tidak menjadi juara Liga Primer.


Dari segi pemain, maka Johan Cruyff, Michel Platini dan Marco Van Basten adalah pemain yang paling banyak meraih trohpy Ballon d’Or masing-masing tiga kali. Dari asal negara maka Jerman adalah negara yang terbanyak yang menghasilkan pemain terbaik dan peraih trophy ini ada Gerd Muller, Beckenbauer, Lothar Mattheus, dan Matthias Sammer. Sedangkan dari sudut klub – maka Juventus lah yang memiliki pemain terbanyak sebagai peraih trophy Ballon d’Or ini.


Cristiano Ronaldo adalah seorang pesepakbola yang memiliki banyak skill, dribbling nya luar biasa cepat, bagus dalam mengumpan, bagus dalam melakukan tendangan untuk bola-bola mati, bisa memainkan posisi striker, gelandang, winger. Satu prestasi lagi yang mungkin kurang dalam karir Cristiano – trophy kejuaraan Dunia FIFA, kejuaraan Eropa. Kalau dua hal itu bisa diraih kemudian maka Legenda Sepakbola seperti Diego Maradona akan menarik ucapannya yang mengatakan bahwa Cristiano Ronaldo belum lah sehebat yang dikatakan orang.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda