Minggu, 11 November 2007

Bayar Listrik

Tadi pagi kena macet lagi, coba jalan baru; agak muter sih tapi lumayan lah ngurangi macet.
Dimana-mana lagi berbenah untuk hadapi banjir, banyak galian untuk memperlebar jalan keluar air hujan ke arah laut. Diperkiraken banjir di Jakarta diantara bulan Desember-Januari dimana curah hujannya paling tinggi. Daerahku Duri Kosambi termasuk rawan banjir.
Februari 2007 banjir, tapi banjir tidak menyentuh dalam rumah, cuma di halaman parkiran mobil. Tapi sempet deg-deg plas juga takut masuk rumah.
Akibatnya libur deh ngga kerja 5 hari, untuk perusahaan mengerti jadi ngga potong cuti. Tapi perusahaan pasti rugi ya....

Eh banjir emang kagak ada kaitannya ama bayar listrik, tapi pagi ini kok ada perasaan yg ngganjel semacam kewajiban belum terselesaikan, apaan gitu...ternyata belum bayar listrik !
Biasanya paling lambat per tanggal 20 tiap bulannya, tapi bulan lalu dapat pemberitahuan dari PLN bahwa ada perubahan mekanisme pembayaran. PLN mengkategorikan perumahan tempat ku tinggal untuk membayar rekening listrik nya dari periode tanggal 1-10 tiap bulannya. Padahal sudah set up alarm di handphone untuk bayar listrik hari Jumat kemarin tanggal 9, tapi kok missing ya ?

Ada suatu perubahan dari suatu kebiasaan memang perlu adaptasi, biasa bayar listrik tanggal 20, ngga usah pake reminder pasti bisa, tapi saat diubah langsung luput coy...mudah-mudahan sekali aja ya...mudah2an kerja dan kinerja pln juga lebih baik dengan pengubahan jadwal ini, yang mana ditujukan untuk mengatur antrian pembayaran di loket pln.

Padahal dari pertama aku menepati rumahku tahun 2004, pembayaran tidak pernah ke loket pln, tapi menggunakan jasa perbankan menggungakan mesin ATM. Mudah, tidak ada antrian, pembayaran tetap buka sistem 24 jam/7hari, murah cuma bayar Rp 2,500 sekali transaksi. Sekarang malah ada yang cepat lagi menggunakan mobile bbanking, jadi seperti bayar listrik ini tingggal pencat-pencet handphone, lunas deh...ngga usah cape-cape cari ATM, atau kalau memang mau tetap ada pake tandaterima bisa juga lewat internet banking, tinggal login, masuk menu klak klik klak klik, lalu di print sebagai bukti pembayaran, selesai deh.

Lantas yang jadi pertanyaan saya kenapa PLN mengubah dari tanggal 20 menjadi tanggal 10 ya? kalau alasan nya untuk mengurangi antrian, kok kayaknya kurang sreg ya...berani taruhan deh kalau masyarakat modern yang sudah biasa menggunakan 'plastic money' pasti minimal pake ATM untuk bayar tagihan listrik dan tagihan lainnya seperti pam, tagihan telephone dan tagihan lainnya sesuai service yg ditawarkan bank. Atau kah masih banyak yang membayar lewat loket pln? memang denger-denger si bayar lewat loket gratis ngga perlu bayar administration fee seperti di ATM, tapi kalau mau ke loket nya aja naik angkot pulang pergi 2 x Rp 2000 malah lebih mahal ya kan ?

Atau memang kurang yakin dengan perhitungan kWh nya? pernah ada beberapa kali aku temukan perhitungan kWh di ATM (hasil print out) berbeda dengan aktualnya. Hal ini bisa merugikan dua belah pihak PLN maupun konsumen. Semakin kecil selisih pencatuman angka kWh di ATM dengan aktual kWh meter, maka semakin kecil kerugian yang ditimbulkan. Sudahkah PLN memikirikan hal ini? atau PLN cukup pusing dengan kerugian yang terus menerus menderanya ?

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda